Skip to main content

Cara Merebus Telur

Merebus telur sangat mudah dilakukan, tetapi memperoleh telur rebus dalam kondisi prima merupakan tantangan tersendiri, khususnya bagi pengusaha rumah makan, cafe sampai warteg.
Tanpa pengetahuan khususu, hasil rebusan telur akan cacat, yaitu bagian kuning muncul di permukaan atau telur hasil rebusan sulit dikupas, sehingga pada saat dipaksa dikupas telur menjadi tidak mulus. Setiap kali telur rebus dikupas, bagian putih seringkali ikut terkelupas bersama kulitnya, sehingga telur rebus terlihat kurang cantik untuk disajikan.  

Berikut ini tip merebus dalam skala kecil, sehingga telur dapat dikupas dengan baik (tanpa cacat) :
  • Pastikan telur yang akan direbus benar benar baru.(baca : Cara Memilih Telur, dan Cara Menyiman Telur Sebelum Direbus)
  • Cuci telur sampai bersih dari kotoran yang biasa menempel pada telur, kotoran menyebabkan bau busuk jika ikut direbus.
  • Siapkan panci.
  • Masukkan telur yang akan direbus ke dalam panci, usahakan agar jarak antar telur tidak terlalu rapat.
  • Isi air sampai telur tenggelam. Singkirkan telur yang mengapung, telur yang mengapung dipastikan adalah telur yang rusak.
  • Tambahkan Garam secukupnya. Ketika garam (Na Cl) ditambahkan pada air yang digunakan untuk merebus telur, putih telurnya tidak akan hilang jika kulit telurnya pecah. (Gaman and Sherrington, 1981).
  • Opsional : Tambahkan 1/2 sendok teh asam cuka untuk setiap 1 liter air dalam panci, penambahan asam cuka ini untuk menguatkan kulit telur agar tidak pecah selama proses perebusan.
  • Mulailah dengan api sekecil mungkin (telur akan pecah jika dikenai panas yang tiba tiba).

  • Aduk aduk telur dengan pelan sambil sedikit demi sedikit besarkan nyala api, setelah air akan mendidih kecilkan api (api sedang) . Pengadukan bertujuan agar kuning telur tetap berada di tengah putih telur, sedangkan tujuan membesarkan api secara bertahap untuk menjaga agar telur tidak pecah akibat panas yang mendadak. Telur lebih mudah pecah karena perbedaan suhu yang terlalu besar dibandingkan pecah karena pengadukan pelan. Pengadukan telur yang dilakukan dengan cepat mengakibatkan hasil rebusan telur bergelombang. Jika tidak diaduk (pengadukan kurang lama) kuning telur kemungkinan akan berada di tepi, seperti gambar berikut 

  • Setelah air mendidih, tunggu sekitar 5 menit dan matikan api (3 menit setelah air mendidih telur akan menjadi 1/2 matang, 5 menit setelah air mendidik telur menjadi matang, lebih dari 7 menit setelah air mendidih kulit ari telur akan menyatu dengan putih telur sehingga menyulitkan pengupasan).
  • Buang air dalam panci dan segera isi kembali panci dengan air dingin dari kran air (akan lebih baik hasilnya jika menggunakan air es). Kulit telur yang panas akan rapuh jika tiba tiba di beri air dingin.
  • Goyang goyangkan panci sampai semua telur retak, tujuan mengoyang goyangkan agar telur saling berbenturan sehingga telur terkelupas.
  • Jika telur telah benar benar dingin, kupas satu persatu telur mulai dari ujung yang kecil. Jika kulit ari telur sulit dipisahkan (hal ini disebabkan karena telur yang direbus bukan telur baru atau perebusan terlalu lama), lakukan pengupasan di dalam air (air secara lembut akan memasuki bagian antara putih telur dan kulit ari telur sehingga pengupasan sangat mudah dilakukan). Pengupasan yang dilakukan sebelum telur benar benar dingin akan menyebabkan telur tercabik cabik seperti gambar berikut 

Kelemahan cara ini :
Waktu pengadukan menjadi lama, bagi mereka yang tidak sabar terutama pada proses pengadukan dapat menyebabkan banyak telur yang retak. s pengadukan dapat menyebabkan banyak telur yang retak

Comments

Popular posts from this blog

Interactive Worksheet: The Accounting Equation

by Ken Delaney-Moore, Sheffield Hallam University Aims: This worksheet deals with: The accounting equation. The accounting concepts of 'business entity' and 'dual aspect'. The effects of transactions on the balance sheet. After having completed the worksheet you should be better able to perform to syllabus specifications relating to these points. When you are done, please fill-in the on-line evaluation form in order for us to monitor the quality of the materials we provide for you. Tell us what we're doing right and wrong. It takes very little time, and your opinions are valued - thank you. A business start-up Imagine that 'Jim Sayers' puts £5,000 of his personal savings into a business bank accoun

Mitsubishi Xpander Varian Baru Tipe Sport M/T, Tipe GLS A/T Matic Manual semua varian ada.

Mitsubishi Luncurkan Varian dan Warna Terbaru Mitsubishi Xpander Setahun setelah diluncurkan pada ajang GIIAS 2017 lalu, MITSUBISHI XPANDER mendapatkan penyegaran melalui hadirnya pilihan warna baru Deep Bronze Metallic yang tersedia untuk varian Ultimate dan Sport. Warna baru ini semakin melengkapi pilihan warna Quartz White Pearl, Diamond Black Mica, Sterling Silver Metallic, Titanium Grey Metallic, dan Red Metallic yang sebelumnya telah menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Xpander Sport dengan warna Deep Bronze Metallic Untuk memperkaya opsi varian yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, XPANDER hadir dengan penambahan varian baru, XPANDER Sport  M/T dan XPANDER GLS A/T.  Berkendara Nyaman dengan Transmisi Otomatis Varian GLS Lebih Percaya Diri dengan Transmisi Manual Varian Sport XPANDER hadir sebagai bintang baru di dunia otomotif Indonesia. Setelah menjalani World Premiere di GIIAS 2017, XPANDER diterima dengan sangat baik oleh masy

MEMBUAT DATABASE APLIKASI AKUNTANSI DENGAN MICROSOFT ACCESS 2007

Microsoft Office Access 2007 merupakan aplikasi pembuatan database yang diciptakan Raksasa Microsoft Corporation, Hingga saat ini banyak sekali perusahaan menggunakan aplikasi ini dalam membuat database untuk keperluan bisnisnya, baik dengan menggunakan 100% access, maupun dengan memanfaatkan enginenya dan menggabungkan dengan aplikasi visual lainnya seperti Visual Basic, dsb. Access 2007 merupakan dipenyempurnaan dari access 2003. Berikut ini kita akan mencoba membuat database sederhana untuk keperluan akuntansi. Untuk membuat aplikasi database akuntansi tentu diperlukan banyak tabel, query, dan report yang harus dipersiapkan. Apalagi jika akuntansi untuk perusahaan dagang, dan manufaktur. Untuk lebih memudahkan bagi pemula yang ingin belajar membuat aplikasi dengan menggunakan Microsoft office access 2007, maka disini saya akan mencoba membahas aplikasi database akuntansi sederhana untuk perusahaan jasa. dalam menyusun suatu database tentu sebelumnya kita harus menyusun normalisas